Selasa, 01 November 2011

Laporan Problem Solving


PROBLEM SOLVING
TUTOR / FASILITATOR : dra. Iesje, LS,MM,Phd
KELOMPOK 2
 
 
 
 
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER
FAKULTAS KEDOKTERAN DAN KESEHATAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA


Anggota Kelompok

Ketua          Kelompok       : Budi Sukmawijaya (2011730016)
Sekretaris                  : Bunga Tri Amanda (2011730017)
Anggota                         :
1.     Annisa Zahra Ashari (2011730011)
2.     Annisah Anggaraini (2011730012)
3.     Arif Susilo Rahardi (2011730013)
4.     Aulia Syifa (2011730014)
5.     Aziz Anugerah Nuriana (2011730015)
6.     Bunga Wana Aminah Nasumi (2011730018)
7.     Chairany Cikaisela (2011730019)
8.     Deni Kurniawan (20117300120)
9.     Dewi Imaniar (2011730021)


Skenario 2
I.                  Kata/kaliamat Kunci :
1.      Andika
2.      Tidak ada motivasi
3.      Kost
4.      Prestasi kurang optimal
5.      Orang Tua

II.                Pertanyaan :
1.      Faktor-faktor apa saja yang memperngaruhi proses        pembelajaran Andika?
Jawab :
Faktor yang mempengaruhi proses pembelajaran ada 2, yaitu Proses Internal dan proses eksternal. Faktor Internalnya yaitu tidak adanya motivasi Andika dan konsep diri Andika yang kurang baik. Faktor eksternalnya yaitu orangtuanya yang sejak SMP bekerja di luar negeri, Saudara atau adik kandungnya yang sudah lebih sukses dari Andika (sudah bekerja di suatu perusahaan), dan lingkungan tempat tinggalnya yang sekarang (kost).

2.      Mengapa tidak ada motivasi dari diri Andika dalam proses kuliahnya?
Jawab :
Ada 2 penyebab tentang tidak adanya motivasi dari dalam diri Andika yaitu :
Penyebab dari rumah :
§  Situasi keluarga Andika yang tidak stabil
§  Merasa harus berkompetisi dengan adiknya
§  Kurang mendapat kesempatan pengayaan social dan edukasional
§  Orangtua tidak pernah memberi penghargaan atas prestasi Andika sekecil apapun
§  Orangtua Andika jarang berbagi ide, kepercayaan, kasih sayang, dan kesepakatan kepada Andika
§  Orangtua jarang memberi contoh positif, sehat, dan teratus serta gaya hidup prestatif
Penyebab dari luar rumah :
§  Andika bersekolah di sekolah yang berstandar tinggi, membuat kepercayaan diri Andika menjadi turun
§  Salah pilih teman atau lingkungan juga dapat menyebabkan Andika menjadi underachiever

3.      Apa yang harus Andika lakukan untuk memperbaiki prestasinya?
Jawab :
§  Belajar dengan tekun
§  Menciptakan konsep diri positif
§  Berpikir bahwa dia adalah tanggung jawab keluarga
§  Menjadikan orangtuanya sebagai motivasi utama
§  Menjadikan adiknya sebagai acuan/motivasi bukan untuk dijadikan saingan

4.      Apa yang harus dilakukan orangtua Andika untuk meningkatkan motivasi dalam diri Andika?
Jawab :
§  Ciptakan gaya hidup sehat dengan membangun harmoni antara kondisi fisik, mental dan emosional
§  Cari bantuan konseling
§  Cari guru pembimbing untuk membantu Andika mengatasi kelemahan belajar
§  Komunikasikan harapan yang tinggi terhadap anak dengan rasa cinta, penuh pujian, kebanggan dan respek
§  Adakan pertemuan keluarga untuk menetapkan target jangka pendek dan jangka panjang dan membuat aturan-aturannya, serta buatlah semacam “kontrak” (kesepakatan bersama)
§  Jadikan keluarga sebagai system pendukung dan unit pemecahan masalah yang bermanfaat bagi anak, dipandu orangtua yang menjalankan peran pemimpin tapi berbasis cinta
§  Jangan membandingkan antar saudara, pandang setiap anak sebagai individu yang memiliki keunikan kualitas dan kemampuan
§  Konsisten dan tenang menghadapi naik turunnya prestasi anak, fokuskan pada masalah, jangan bertindak emosional
III.             Sesi pertanyaan
Penanya                       : Iskandar
Kelompok                   : 5

Pertanyaan:
Mengapa Sekolah di sekolah berstandar tinggi bertolak belakang dengan keinginannya untuk untuk sekolah di Fakultas Kedokteran? Jika memang Andika itu seseorang yang percaya diri dan tidak ada motivasi, pasti sulit untuk lolos seleksi masuk Fakultas Kedokteran, apalagi yang berstandar tinggi.

Jawaban :
Di skenario sudah dijelaskan bahwa saat Andika duduk di bangku SMP, prestasi Andika kurang optimal, namun saat duduk dibangku SMA, Andika termasuk siswa berprestasi. Itu membuktikan bahwa Andika termasuk anak yang cerdas. Jadi, sekolah di sekolah berstandar tinggi mungkin menjadi salah satu penyebab kurang optimalnya prestasi Andika, karena saat di semester 1 dan 2, Andika tidak ada motivasi untuk belajar bahkan dia mengulang. Saat ini pun sudah semester 4, Andika masih belum menunjukkan hasil yang optimal.



IV.             Kesimpulan dari kasus 2:
Jadi, dalam proses pembelajaran yang baik harus ada konsep diri dan motivasi agar hasilnya optimal.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar